Beranda » Artikel Blog » Cara Mengembangkan Budidaya Alpukat Hass Di Indonesia

Cara Mengembangkan Budidaya Alpukat Hass Di Indonesia

Diposting pada 27 November 2020 oleh kebuncantik | Dilihat: 223 kali | Kategori:

Cara Mengembangkan Budidaya Alpukat Hass Di Indonesia

 

Cara Mengembangkan Budidaya Alpukat Hass Di Indonesia

Cara Mengembangkan Budidaya Alpukat Hass Di Indonesia

 

Alpukat Hass merupakan salah satu jenis alpukat yang populer untuk dikonsumsi di berbagai negara termasuk Indonesia. Bahkan jika anda melihat di Amerika Serikat sebanyak hampir di atas 70% alpukat merupakan jenis Alpukat Hass. Alpukat hass juga diperkirakan akan menjadi raja alpukat di masa depan nanti menggantikan alpukat lain. Hal tersebut tidak mengherankan karena memiliki cita rasa yang unik dan paling nikmat di antara jenis lainnya. Alpukat hass juga memiliki ciri-ciri yaitu berwarna coklat kehitaman pada saat telah matang.

Meskipun alpukat ini termasuk dalam salah satu alpukat yang premium atau bisa dibilang memiliki harga yang fantastis nyatanya budidayanya telah meluas di luar negaranya sendiri. Perlu diketahui bahwa alpukat ini berasal dari Australia bahkan untuk di Indonesia kebanyakan masih mengimpor dari luar negeri. Namun meskipun begitu dalam beberapa tahun terakhir ini banyak petani buah yang telah berhasil membudidayakan alpukat hass ini. Bahkan bisa dibilang mereka cukup sukses dalam merawat tumbuhan alpukat ini.

Langkah-langkah dalam budidaya alpukat hass yang benar

Dalam melakukan budidaya alpukat perlu kita ketahui bahwa ada hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Mulai dari jenis tanah, perawatan dan media yang digunakan haruslah sesuai dengan bibit alpukat hass. Maka dari itu anda perlu hati-hati dalam mempersiapkan segalanya. Berikut adalah langkah-langkah dari kami yang bisa anda tiru dalam membudidayakan alpukat hass di rumah.

A. Tahap Persiapan

Pada awalnya hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai budidaya adalah menyiapkan segala hal yang terkait dalam budidaya alpukat hass. Meskipun begitu pada praktek budidaya alpukat hass tidak berbeda jauh dengan budidaya alpukat jenis lainnya yang umum anda temui. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan untuk cermat dan berhati-hati dalam memilih bibit alpukat yang akan ditanam. Pilihlah bibit yang berkualitas, anda pun bisa memilih bibit yang telah diperbanyak melalui vegetative contohnya sambung pucuk dan okulasi.Rekomendasi dari kami adalah pilih bibit dengan tinggi sekitar 55 cm – 70 cm karena itu adalah yang ideal.

Lalu carilah lahan yang sesuai untuk pertumbuhan dari alpukat jenis ini seperti tanah gembur, tanah humus maupun tanah kompos. Perlu dicatat bahwa dalam lahan alpukat haruslah tidak mudah dalam tergenang air karena bisa membuatnya mati. Selain itu, tanah juga harus bebas dari gangguan seperti bebatuan serta rumput liar. Untuk penyinaran, tanaman alpukat termasuk dalam full sun atau biasa disebut penyinaran sepanjang hari yang otomatis cocok ditanam pada iklim tropis seperti Indonesia.

B. Tahap Penanaman

Setelah persiapan selesai, selanjutnya adalah proses menanam tanaman alpukat. Anda bisa memindahkan bibit dari polybag ke pot yang lebih besar kisaran diameter 50-70 cm. Dengan catatan bibit telah mencapai tinggi 60-70 cm karena dinilai cukup tahan dalam beradaptasi di media yang baru. Untuk pot tersebut nantinya diisi dengan tanah humus atau bisa kompos. Bagi anda yang ingin langsung menanamnya di lahan terbuka juga bisa. Caranya adalah memakai tanah gembur yang sebelumnya telah dilubangi dulu. Selanjutnya sama seperti di pot yaitu memberinya kompos ke dalam tiap lubang bibit alpukat hass.

C. Tahap Perawatan

Tahapan selanjutnya setelah penanaman adalah melakukan perawatan secara rutin.  Anda hanya perlu menyiramnya sehari hanya satu kali saja dan jangan lupa untuk memberinya pupuk tiga bulan sekali. Jika terjadi hujan maka anda tidak perlu menyiramnya. Lalu untukpemberian pupuk juga relatif mudah hanya dengan menaburkan di media tanah atau cukup membenamkannya.

Pupuk juga harus diberikan sesuai dosis dari umur tanaman. Semakin rutin dalam pemberian pupuk maka semakin cepat pertumbuhannya.Hal yang terpenting adalah untuk selalu melindungi tanaman anda dari gulma dan hama-hama yang menyerang seperti jamur, ulat dan lain-lain. Maka dari itu perlu adanya penyemprotan secara rutin bahkan dianjurkan jika sudah terdapat tanda seperti bercak dan sebagainya maka segera semprot dengan pestisida. Jika dibiarkan dapat berakibat parah pada pertumbuhan tanaman alpukat hass.

D. Tahap Panen dan Pascapanen

Tanaman alpukat hass dapat mulai berbuah jika sudah mencapai umur sekitar 5-10 tahun. Hal tersebut bervariasi karena terpengaruhi dari melalui proses vegetative atau tidak. Biasanya akan lebih cepat jika lewat okulasi ataupun stek. Setelah beberapa bulan anda bisa mulai memetiknya karena telah matang. Perlu diketahui juga bahwa untuk memisahkan buah yang berkualitas baik dan buruk. Buah alpukat hass ini memiliki keunikan yaitu ketahanan tinggi jadi bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa takut busuk.

Nah itulah langkah-langkah serta tips dari kami yang perlu diperhatikan dalam budidaya alpukat hass nantinya. Jika anda pandai dalam merawat tanaman tersebut maka dapat menghasilkan buah alpukat hass yang dapat dijual di pasaran. Bahkan jika melihat dari harga yang tinggi maka otomatis anda akan dapat banyak keuntungan dari budidaya ini. Selamat mencoba!

Bagikan

Cara Mengembangkan Budidaya Alpukat Hass Di Indonesia | Kebun Cantik.com

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

NAMA TOKO ANDA
Jl. Kuntulan No.149, Kel. Bakungan – Kec. Glagah
Banyuwangi – Jawa Timur, Indonesia
E-mail : admin@tokoanda.com

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.

Tentang Olzhop Theme

Olzhop Theme adalah template toko online WordPress masa kini dengan berbagai fitur andalan dan kekinian. Tampilannya modern, elegan dan profesional membuat pelanggan website Anda betah berlama-lama belanja. Management toko sangat mudah dioperasikan meskipun oleh newbi sekalipun.

Chat via Whatsapp
Kebun Cantik
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Kebun Cantik
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja