Beranda » Artikel Blog » Ini Dia Berbagai Keunikan Dari Tanaman Alpukat Cuba

Ini Dia Berbagai Keunikan Dari Tanaman Alpukat Cuba

Diposting pada 24 November 2020 oleh kebuncantik | Dilihat: 118 kali | Kategori: ,

Ini Dia Berbagai Keunikan Dari Tanaman Alpukat Cuba

Ini Dia Berbagai Keunikan Dari Tanaman Alpukat Cuba

Ini Dia Berbagai Keunikan Dari Tanaman Alpukat Cuba

 

Dilansir dari berbagai sumber, alpukat cuba merupakan varietas alpukat yang berasal dari Perancis dan pertama kali diuji di Vietnam. Indonesia adalah salah satu negara pengimpor alpukat yang menawarkan kualitas daging yang sangat baik ini. Meskipun demikian, alpukat cuba masih tergolong varietas baru dan belum banyak dibudidayakan petani Indonesia.

Alpukat yang biasanya dapat dipanen pada bulan Januari sampai Juli ini diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup berbeda dan lebih bergizi jika dibandingkan dengan alpukat jenis lainnya.Nah, apabila Anda penasaran mengenai apa saja keunikan yang ditawarkan alpukat impor yang satu ini, yuk simak kelanjutan informasinya.

Asal-usul Alpukat Cuba

Faktanya, alpukat yang diberi nama Cuba ini dibawa oleh Pak Hiến ke ladangnya untuk dibudidayakan pada tahun 2012. Beliau membawa bibit buah tersebut dari Perancis. Berdasarkan pengalamannya, alpukat cuba telah menghasilkan produktivitas yang tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya.

Berdasarkan pengalamanPak Hiến itulah yang membuat perkembangan alpukat cuba di negara Vietnam semakin meluas. Tercatat bahwa apukat cuba pernah meraih juara pada festival buah yang diadakan di negeri Naga Biru tersebut.

5 Keunikan Alpukat Cuba yang Belum Banyak Orang Tahu

Belum lama ini Indonesia kedatangan varietas alpukat unggulan dari negara Vietnam. Seperti apa keunikan yang dimiliki alpukat tersebut? Simak berbaga keunikannya sebagai berikut.

A. Bentuk dan warnanya cantik

Keunikan pertama dari alpukat cuba adalah memiliki bentuk serta warna buah yang cantik. Bentuk alpukat ini menyerupai telur bulat. Selain itu, warna alpukat cuba sebenarnya sama dengan alpukat pada umumnya, yaitu hijau, namun yang membedakan adalah ketika alpukat ini dipetik dan dimatangkan maka warnanya akan berubah menjadi ungu kehitaman saat sudah matang. Warna tersebut bukan berarti alpukat membusuk ya.

Secara sekilas, alpukat cuba memiliki kemiripan fisik dengan alpukat lokal jenis kahyangan. Akan tetapi, daging alpukat cuba berwarna lebih kuning jika dibandingkan dengan daging alpukat kahyangan.

B. Ukuran buah yang relatif besar

Dilihat dari karakteristik beratnya, alpukat cuba rata-rata memiliki berat sekitar 500 sampai 1.000 gram per buahnya. Untuk ukuran buah alpukat, ukuran tersebut terhitung besar. Selain itu, biji alpukat cuba juga relatif kecil serta kulitnya tipis dan mudah dikelupas sehingga daging buahnya bisa Anda bayangkan ketebalannya bukan.

C. Ramah ditanam di berbagai jenis iklim

Keunikan selanjutnya dari alpukat cuba adalah mudahnya tanaman dalam beradaptasi dengan kondisi iklim lahan penanamannya. Vietnam sebagai negara tempat impor alpukat ini pada dasarnya beriklim tropis, sedangkan Perancis sebagai negara pertama yang membudidayakan adalah beriklim sub tropis, sehingga hal ini membuktikan bahwa alpukat cuba memang ramah ditanam di berbagai jenis iklim. Dengan alasan demikian, saat ini di Vietnam sudah banyak pembudidaya alpukat cuba.

D. Unggul secara kualitas dan kuantitas

Pada tahun 2019 lalu, alpukat cuba sempat menjadi varietas alpukat terbaik di Vietnam dalam kompetisi festival musim alpukat di Provinsi Đắk Nông. Selain dari penilaian kompetisi, alpukat cuba ternyata juga sangat diminati konsumen Vietnam.

Dari segi rasa, alpukat cuba memiliki rasa manis dan gurih diimbangi dengan tekstur daging buahnya yang cenderung lebih keras jika dibandingkan alpukat jenis lainnya. Keunikan lainnya adalah, alpukat ini juga memiliki aroma tersendiri sehingga konsumen meliriknya. Hal ini mengindikasikan bahwa alpukat jenis ini memang unggul dari segi kualitas.

Tak hanya itu, dari segi kuantitas, alpukat cuba dapat menghasilkan sekitar 100 kg per tahun. Pada saat pohon sudah berusia lebih dari 5 tahun, alpukat cuba yang dihasilkan akan jauh lebih banyak. Banyak sekali bukan.

E. Pohon yang ramping

Jika Anda tidak mempunyai lahan tanam yang cukup luas, maka tenang. Alpukat cuba sangat ramah dalam hal ukuran pohon. Keunggulan alpukat cuba yang satu ini adalah ukuran pohonnya yang relatif pendek dan ramping serta mempunyai ukuran daun yang tidak lebar. Oleh karena itu, Anda bisa menanam alpukat cuba dengan jarak tanam yang berdekatan tanpa khawatir pohon sulit berkembang.

Itulah 5 keunikan alpukat cuba yang kami rangkum dari berbagai sumber. Apabila Anda berminat untuk menanamnya, Anda tak perlu risau akan kondisi iklim maupun jenis tanahnya karena alpukat kualitas ekspor ini sangat adaptif.

Bagikan

Ini Dia Berbagai Keunikan Dari Tanaman Alpukat Cuba | Kebun Cantik.com

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

NAMA TOKO ANDA
Jl. Kuntulan No.149, Kel. Bakungan – Kec. Glagah
Banyuwangi – Jawa Timur, Indonesia
E-mail : admin@tokoanda.com

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.

Tentang Olzhop Theme

Olzhop Theme adalah template toko online WordPress masa kini dengan berbagai fitur andalan dan kekinian. Tampilannya modern, elegan dan profesional membuat pelanggan website Anda betah berlama-lama belanja. Management toko sangat mudah dioperasikan meskipun oleh newbi sekalipun.

Chat via Whatsapp
Kebun Cantik
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Kebun Cantik
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja