Beranda » Artikel Blog » Ini Dia Cara Budidaya Alpukat Malama Dengan Mudah

Ini Dia Cara Budidaya Alpukat Malama Dengan Mudah

Diposting pada 17 November 2020 oleh kebuncantik | Dilihat: 7 kali | Kategori:

Ini Dia Cara Budidaya Alpukat Malama Dengan Mudah

Ini Dia Cara Budidaya Alpukat Malama Dengan Mudah

Ini Dia Cara Budidaya Alpukat Malama Dengan Mudah

Alpukat malama memiliki banyak manfaat dan rasanya pun lezat. Buah yang khas dengan warna ungu gelapnya ini sudah dapat ditanam di Indonesia dengan mudah. Perawatannya kurang lebih sama dengan alpukat lokal.

Apakah Anda penasaran bagaimana cara budidaya alpukat malama dengan mudah? Sebaiknya Anda perlu memerhatikan hal-hal penting di bawah sebelum melakukan penanaman alpukat. Berikut penjelasan selengkapnya.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menanam Alpukat Malama

Sebelum menanam, Anda perlu memerhatikan beberapa hal yang penting untuk menghasilkan buah yang berkualitas. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

A. Jenis Tanah

Alpukat ini tergolong buah yang adaptis untuk ditanam. Alpukat malama dapat tumbuh di media tanah yang gembur, mengandung bahan organik dan tidak menimbulkan genangan air.

Jenis tanah dengan pH (keasaman) berkisar antara 5,6 – 6,4 baik untuk tanaman. Tanah-tanah tersebut antara lain tanah lempung liat, lempung berpasir dan lempung endapan.

B. Suhu

Saat ini sudah banyak tanaman buah alpukat malama di Indonesia karena suhu yang sesuai untuk bercocok tanam. Suhu yang pas untuk pertumbuhan alpukat ini adalah sekitar 12,8 – 28,5 derajat celcius.

Dalam pertumbuhannya di iklim tropis, buah alpukat malama membutuhkan cahaya sebanyak 40-80%. Karena ranting pohonnya yang lunak dan mudah patah, alpukat malama hanya dapat menahan kecepatan angin antara 63 – 73 km / jam.

C. Ketinggian Lokasi Budidaya

Alpukat malama tergolong ke dalam ras Guatemala sehingga buah ini cocok ditanam pada ketinggian 1000 – 2000 mdpl. Dengan ukuran ketinggian ini, alpukat malama dapat tumbuh dengan subur.

D. Jarak Tanam

Setiap buah yang ditanam, perlu diperhatikan jarak antar tanamnya lingkungan tidak keras dan dapat tumbuh dengan subur. Jarak yang paling baik antar tanaman adalah 9×12 meter. Sedangkan lubang tanaman untuk menanam alpukat malama dapat dibuat seluas 75×75 meter dan dengan ukuran kedalaman 75 meter.

E. Pemilihan Benih Alpukat

Sebelum menanam alpukat, penting untuk memilih varietas unggul demi menghasilkan buah yang memuaskan. Ada beberapa tahap yang dapat dilakukan dalam pemilihan benih alpukat, yaitu antara lain.

  • Benih yang diambil dari buah yang sudah cukup masak di pohon
  • Pilih benih alpukat padat, bernas, dan tidak keriput
  • Ukuran benih yang disarankan adalah 65 – 68 gram
  • Merendam benih alpukat selama 4-5 jam dengan 30 ml pupuk organik yang tepat 1 liter udara hangat mempercepat proses perkecambahan, menghilangkan dan melindungi benih dari penyakit
  • Meniriskan benih yang telah direndam lalu membiarkannya selama 2-3 hari sampai muncul kecambah sebelum akhirnya dipindah ke media tanam

Langkah Penyemaian Benih Alpukat Malama

  1. Siapkan media tanam sebagai tempat pemindahan setelah proses perkecambahan. Anda dapat menggunakan polybag ukuran 15×21 cm.
  2. Campurkan tanah, sekam atau pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1: 1, lalu keanggotaan ke dalam polybag.
  3. Ketika melakukan penyemaian benih alpukat meletakkan pangkal benih yang agak menghadap ke bawah dan ujung benih yang menghadap ke atas. Jangan lupa memotong 1 / 3 Bagian Ujung Benih.
  4. Taruh benih di tempat yang teduh, namun cukup cahaya selama 3 minggu atau ketika muncul kecambah dan terbentuknya anak semai.
  5. Gemburkan tanah menggunakan bajakan, lalu buat bedengan dan tabur pupuk kandang atau kompos sebanyak 10-20 ton / ha untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Langkah Penanaman Bibit Alpukat Malama

  1. Gali tanah bagian atas, pisahkan dengan tanah bagian bawah, lalu campur tanah bagian atas tersebut dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 20 kg / lubang.
  2. Biarkan lubang selama 2 minggu rusak akibat panas matahari. Berikan fungisida (jika memungkinkan) untuk menghindari penyerangan mikroba terhadap akar tanaman.
  3. Campur kapur pertanian sebanyak 0.5 – 1 kg per lubang untuk mengatasi masalah asam.
  4. Tambahkan pupuk NPK sebanyak 100 gram pada 1 minggu sebelum menanam alpukat.
  5. Keluarkan bibit alpukat dari polybag, tanam sebatas leher batang dan jangan biarkan akar bibir menggerombol.
  6. Tanah galian yang sudah pupuk pada langkah pertama di atas, dimasukkan ke dalam lubang, lalu dipadatkan.
  7. Siram bibit secukupnya. Masakan pancaran sinar matahari secara langsung, terpaan angin dan siraman hujan.
  8. Lakukan pemupukan alpukat menggunakan pupuk NPK dan KNO3 setiap 1 minggu sekali.

Setelah langkah penanaman, Anda perlu menunggu antara 3-4 bulan sebelum melakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan dengan mempertahankan cabang jarak 1-1,5 meter dari permukaan serta tinggi tanaman 4-5 meter dari permukaan tanah.

Saat yang ditunggu-tunggu kemudian adalah proses pemanenan. Pada tingkat kematangan antara 80-85%, Anda sudah dapat memetik buahnya dengan memotong tangkai 3-5 cm dari buah.

Teknik penanaman sulit untuk malama ini tidak benar asal Anda mencintai tanaman dan mampu merawatnya sepenuh hati. Pun, tanaman akan memberikan hasil yang memuaskan bagi Anda.

Bagikan

Ini Dia Cara Budidaya Alpukat Malama Dengan Mudah | Kebun Cantik.com

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office

NAMA TOKO ANDA
Jl. Kuntulan No.149, Kel. Bakungan – Kec. Glagah
Banyuwangi – Jawa Timur, Indonesia
E-mail : admin@tokoanda.com

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Lorem Ipsum Dolor Sit Amet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent consectetur purus sed risus molestie porta. Integer leo diam, pretium auctor tellus a, semper laoreet urna.

In vestibulum ante quis laoreet volutpat. In lacus lacus, ultrices at leo vitae, fringilla blandit quam.

Tentang Olzhop Theme

Olzhop Theme adalah template toko online WordPress masa kini dengan berbagai fitur andalan dan kekinian. Tampilannya modern, elegan dan profesional membuat pelanggan website Anda betah berlama-lama belanja. Management toko sangat mudah dioperasikan meskipun oleh newbi sekalipun.

Chat via Whatsapp
Kebun Cantik
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Kebun Cantik
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja